Edublogs sebagai Media untuk Meningkatkan Interaksi dalam Proses Pembelajaran
Abstract
Weblog atau Edublog teknologi web 2.0 adalah salah satu media yang memiliki potensi untuk menambah dan mendorong keterlibatan dan inspirasi peserta didik. Teknologi abad 21 ini diperlukan dalam pembelajaran seiring dengan pesatnya perkembangan TIK di era disrupsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan Edublogs dalam meningkatkan interaksi dalam proses pembelajaran Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang menggunkan buku-buku dan literatur-literatur lainnya sebagai objek yang utama. Untuk menganalis data digunakan teknik analisis deskriptif sehingga didapat gambaran dan keterangan yang jelas, objektif, sistematis, analitis dan kritis mengenai nilai-nilai penerapan Edublogs sebagai media pembelajaran. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa pemanfaatan weblog (www.edublogs.org) sebagai media pembelajaran telah meningkatkan interaksi dalam kegiatan belajaran mengajar antara guru dan siswa. Selain itu, Edublog sangat membantu dalam pembelajaran kolaboratif, dapat mengkonstruksi pengetahuan baru, serta memperluas keterampilan yang membantu para guru dan siswa dalam mengembangkan profesinya. Berdsarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Edublog memiliki banyak kegunaan dalam pendidikan yang dapat manfaatkan oleh para guru dalam proses pembelajaran dan dalam sistem pendidikan keseluruhan.