Analisis Manajemen Pembelajaran dan Kedisiplinan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik

Abstract

Pencapaian tujuan pendidikan sebagian besar ditentukan oleh mutu pembelajaran misalnya upaya guru dalam mengelola pembelajaran dan menerapkan kedisiplinan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan diterapkannya manajemen pembelajaran dan kedisiplinan belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah (MA) Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan studi dokumentasi, literatur, observasi wawancara mendalam (indepth interview) dengan unsur pimpinan sekolah. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif dari miles & Hubberman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Manajemen pembelajaran dan penerapan kedisiplinan telah meningkatkan prestasi belajar peserta didik, manajemen pembelajaran dilakukan melalui tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan dan evaluasi, sedangkan penerapan kedisiplinan dalam belajar yaitu dengan membuat kontrak belajar dengan peserta didik, memberikan keteladanan kepada peserta didik, mengumpulkan tugas tepat waktu, dan sebagainya.