Implementasi Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengembangan  keberagamaan peserta didik di SMA 1 Negeri Simpenan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yang dilakukan di SMA Negeri 1 Simpenan. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dipilih menggunakan prinsip snowball yang  terdiri dari kepala sekolah, guru yang mengampu mata pelajaran agama, beberapa guru yang tidak mengampu mata pelajaran agama Islam, dan beberapa peserta didik. Data yang terkumpul dianalisa secara kualitatif dengan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi keberagamaan peserta didik di SMA 1 Negeri Simpenan telah teraktualisasikan dengan baik dan terprogram, baik yang dilakukan oleh sekolah sebagai institusi pendidikan yang utuh dengan kebijaksanaan yang berkaitan dengan pengembangan keberagamaan di sekolah dan berkaitan masyarakat yang dilakukan oleh Rohis (Spiritual of Islam) sebagai salah satu ekstrakurikuler sekolah khusus menaungi kegiatan keagamaan lainnya. Kesuksesan ini bisa diraih karena usaha kepala sekolah dan dukungan seluruh komunitas sekolah dengan menunjukan komitmen masing-masing yang saling terkait dan saling mendukung.