Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa pendidikan menjadi lebih baik jika dikelola dengan manajemen strategi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Kota Sukabumi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi lapangan. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menemukan bahwa perencanaan dan pelaksanaan manajemen strategi di MA Syamsul 'Ulum Kota Sukabumi dilakukan melalui berbagai kegiatan, di antaranya: Perumusan dan penetapan visi dan misi; Analisis peluang, ancaman, hambatan dan alternatif pemecahan masalah; Pengadaan ma'had; Pembukaan kelas pengayaan; Peningkatan mutu pembelajaran dan pendidik. Sementara itu kegiatan evaluasi di Madrasah Aliyah Syamsul ‘Ulum dilakukan melalui: Pertemuan resmi baik pertemuan Kepala Sekolah dengan komite; Pertemuan khusus kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, karyawan dan pimpinan yayasan; dan berbagai pertemuan yang menghasilkan kegiatan yang bermanfaat.