PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU
Abstract
Lemahnya kemampuan supervisi dan manajarial kepala sekolah sejalan dengan kinerja guru yang rendah dalam pelaksanaan tugasnya. Kinerja guru dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu; dorongan untuk bekerja, kemajuan dalam karir, pengakuan yang diperoleh, tanggungjawab dalam pekerjaan, minat terhadap tugas, dorongan untuk berprestasi. Faktor eksternal yaitu; hubungan antar pribadi, penggajian/honorarium, supervisi kepala sekolah, kepemimpinan, dan kondisi kerja. Maka dengan harapan dalam penelitian ini akan memberikan dua manfaat pertama, untuk introspeksi diri bagi manajer/kepala sekolah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya yang berhubungan dengan kemampuan manajemen dalam kaitanya dengan peningkatan kinerja guru. Kedua, Mampu meningkatkan kinerja guru. Penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitain survei yang dimaksud adalah bersifat menjelaskan hubungan kausal dan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan Jawa Barat sebanyak 125 guru. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampel secara acak (random sampling), sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus dari Taro Yamane atau Slovin[1]