MANAJEMEN CONTROLLING KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PADA SISWA (STUDI KASUS DI SMK MA’ARIF AL-MIZAN KABUPATEN MAJALENGKA)
Abstract
SMK Ma'arif Al-Mizan is a barometer of the quality of education in Ciborelang Village for the vocational high school level. Under these conditions, the strategy of supervising the principal at SMK Ma'arif Al-Mizan, Majalengka Regency is very important and needed in an effort to improve the performance of teachers in providing services to students. Based on the background of the problem above, the writer conducted research with the following objectives: (a) How is the management of controlling the school principal at SMK Ma'arif Al-Mizan, Majalengka Regency? (b) What is the strategy for controlling the principal of the teacher's performance at SMK Ma'arif Al-Mizan, Majalengka Regency? (c) How is the performance of teachers in improving services to students at SMK Ma'arif Al-Mizan, Majalengka Regency? The method used in this research is a qualitative approach which intends to understand the phenomena experienced by research subjects such as perceptions, actions, and others, holistically. The data was collected by means of observation, documentation, and interview techniques. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The conclusion of this study is that: school controlling management on teacher performance takes a long time to achieve significant changes in results, therefore the success or failure of teacher services to students must be measured according to their competence. Abstrak SMK Ma’arif Al-Mizan merupakan barometer kualitas pendidikan di Desa Ciborelang untuk tingkat sekolah menengah kejuruan. Dengan kondisi itu, strategi pengawasan kepala sekolah di SMK Ma’arif Al-Mizan Kabupaten Majalengka merupakan suatu hal yang sangat penting dan dibutuhkan dalam upaya meningkatkan kinerja para guru dalam memberi pelayanan pada siswa. Berdasarkan latarbelakang masalah diatas penulis melakukan penelitian dengan tujuan : (a) Bagaimana manajemen controlling kepala sekolah di SMK Ma’arif Al-Mizan Kabupaten Majalengka? (b) Bagaimana strategi controlling kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Ma’arif Al-Mizan Kabupaten Majalengka? (c) Bagaimana kinerja guru dalam meningkatkan pelayanan pada siswa di SMK Ma'arif Al-Mizan Kabupaten Majalengka?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian seperti : persepsi, tindakan, dan lainnya, secara holistik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa : manajemen controlling sekolah terhadap kinerja guru memerlukan waktu yang lama untuk mencapai perubahan hasil yang signifikan, Oleh karena itu berhasil tidaknya pelayanan guru terhadap siswa harus harus diukur sesuai dengan kompetensinya.