MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DI MI NURUL HUDA DAN SDIT KH ABDURRAHMAN MAHMUD KABUPATEN CIREBON

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan perencanaan pembelajaran berbasis lingkungan hidup, siapa yang dilibatkan dalam perencanaan pembelajaran berbasis lingkungan hidup, hambatan serta upaya penanganan hambatan perencanaan pembelajaran berbasis lingkungan hidup di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) KH Abdurrahman Mahmud Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan Deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah Kepala Sekolah / Kepala Madrasah, Pendidik, Wali Kelas, Siswa dan Pedagang. Hasil penelitian ini menunjukkan Pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) KH Abdurrahman Mahmud Kabupaten Cirebon berjalan sangat baik. Pelaksanaan manajemen pembelajaran berbasis lingkungan pada dua sekolah ini berjalan dengan cukup optimal terutama di MI Nurul Huda. Sedangkan di SDIT KH Abdurrahman Mahmud meninggalkan beberapa catatan. Dengan Program Gerik ini, seluruh komponen yang ada di MI Nurul Huda bergerak bersama didukung dengan geografis yang cukup mendukung, salah satunya adanya kantin di dalam lingkungan madrasah. Sehingga, Kepala Madrasah dan Pendidik terutama yang menjabat wali kelas bisa mengontrol program ini dengan baik. Sedangkan beberapa catatan untuk SDIT KH Abdurrahman Mahmud adalah tidak seluruh komponon yang ada di SDIT KH Abdurrahman Mahmud satu visi dan Misi. Catatan yang kedua adalah letak geografis yang kurang mendukung yaitu para pedagang berada di luar pagar sekolah karena sekolah tidak menyediakan lahan untuk mereka. Ini menyulitkan kepala sekolah dan pendidik terutama yang menjabat wali kelas untuk mengontrol program gerik ini. Faktor penghambatnya yaitu peserta didik yang kurang peduli dan sikap serta perilaku peserta didik yang sulit diubah. Upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yaitu dengan mengadakan sosialisasi dengan wali murid, memberikan edukasi kepada peserta didik dengan kegiatan-kegiatan berbasis lingkungan, memberikan himbauan-himbauan berupa poster untuk menjaga lingkungan, dan running text. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah implementasi manajemen pembelajaran berbasis lingkungan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Huda dilakukan dengan baik dan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan sedangkan manajemen pembelajaran berbasis lingkungan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) KH Abdurrahman Mahmud meninggalkan beberapa catatan.