Kemampuan Kepala Sekolah dalam Membina Hubungan dengan Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan Kepala Sekolah dalam membina hubungan dengan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Prabumulih. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini Kepala Sekolah dan 15 orang guru yang mewakili masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) ditinjau dari keterampilan teknis Kepala Sekolah mampu mengelola sekolah dan menetapkan arah sekolah sebagai lembaga pendidikan dengan cara merumuskan visi, misi dan tujuan pencapaian yang telah direncanakan; 2) ditinjau dari keterampilan hubungan manusia Kepala Sekolah mampu memberikan pandangan strategi bagi guru dalam melaksanakan tugas, dan 3) ditinjau dari keterampilan konseptual Kepala Sekolah mampu dan berperan serta dalam kegiatan-kegiatan di sekolah.