Kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Banyuasin III

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kepemimpinan, strategi kepemimpinan, dan hambatan yang dihadapi oleh Kepala SMA Negeri 1 Banyuasin III dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan. Pengumpulan data penelitian melalui tiga sumber pokok, yaitu: pengamatan langsung (observasi), analisis dokumen, dan wawancara secara mendalam. Untuk meningkatkan akurasi data, peneliti menggunakan triangulasi dan analisis datanya menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) bentuk kepemimpinan yang optimal diperankan oleh kepala sekolah ialah peran sebagai leader, manajer, dan motivator; (2) strategi kepemimpinan yang dijalankan kepala sekolah ialah dengan melakukan manajemen kepemimpinan, melalui kegiatan perencanaan program, pelaksanaan program, serta pengawasan program setiap tahunnya; dan (3) hambatan yang dihadapi kepala sekolah ketika menjalankan tugasnya ialah banyaknya tenaga pendidik yang bertempat tinggal jauh dari sekolah, sehingga mempengaruhi kualitas kinerja guru, rendahnya pemahaman wali peserta didik dan masyarakat sekitar akan pentingnya pendidikan, serta lingkungan sekitar sekolah yang kurang mendukung perkembangan peserta didik.