Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Kinerja Guru Terhadap Nilai Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh kualifikasi akademik terhadap nilai siswa di Sekolah Dasar; 2) pengaruh kinerja guru terhadap prestasi siswa di Sekolah Dasar; 3) pengaruh antara kualifikasi akademik dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap Nilai Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dianalisis menggunakan rumus regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh kualifikasi akademik terhadap nilai siswa; 2) ada pengaruh kinerja guru terhadap nilai siswa; 3) ada pengaruh kualifikasi akademik dan kinerja guru terhadap nilai siswa. Kualifikasi akademik dan kinerja guru mampu mempengaruhi nilai siswa dengan kontribusi 80,5%; sedangkan sisanya 19,5% dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini