Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal kosakata bahasa arab pada anak usia dini melalui permainan kartu huruf Hijaiyah yang dilengkapi dengan kosakata bahasa arab. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek sejumlah 18 anak. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data melalui teknik prosentase. Hasil penelitian diperoleh melalui permainan kartu huruf hijaiyah yang dilengkapi kosakata mampu menarik perhatian anak sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif sehingga berpengaruh pada peningkatan kemampuan mengenal kosakata bahasa arab terutama kosa kata bahasa arab yang ada pada kartu. Dapat disimpulkan bahwa pengunaan permainan kartu huruf hijaiyah yang dilengkapi kosakata bahasa Arab dapat meningkatkan kemampuan mengenal bahasa Arab pada anak usia dini.