Implementasi Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter dalam Pendidikan Agama Islam

Abstract

Strategi memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, dalam pendidikan agama Islam dibutuhkan strategi yang tepat guna mendukung keberhasilan pembelajaran yang dilakukan. Kesan bahwa pendidikan agama Islam adalah mata pelajaran yang membosankan dan hanya berupa teks-teks yang hanya bisa dibaca saja akan berubah seiring strategi yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran.Konsep edutainment yang diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dapat menjadi solusi terbaik untuk menguatkan karakter peserta didik. Karena, dalam konsep tersebut berisi tentang bagaimana memberikan ruang gerak agar lebih aktif dan mengembangkan daya kreatifitas peserta didik. Karakter merupakan sasaran utama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, karena setelah peserta didik mengikuti prosesnya diharapkan mampu memiliki karakter yang baik. Tidak hanya baik saja, akan tetapi juga memiliki kekuatan dan bertahan lama serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam tulisan ini akan dijelaskan tentang implementasi strategi pembelajaran edutainment yang berbasis karakter pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Melalui strategi tersebut, daya kreatifitas peserta didik dalam pembelajaran akan berkembang.