Implementasi Pendidikan Karaktermelalui Koperasi Jujur Di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Ampel Sidoraharjo Kedamean Gresik

Abstract

Pendidikan karakter merupakan sebuah usaha sadar untuk mendidik peserta didik agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan memperhatikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya. Membina nilai kejujuran dikalangan peserta didik memerlukan keterlibatan lembaga pendidikan, sekolah utamanya bertanggung jawab terhadap pengembangan karakteristik siswa yang didalamnya dapat dilakukan melalui berbagai aktivitas pembiasaan, sebagaimana yang ditterapkan melalui koperasi jujur. Koperasi jujur merupakan suatu koperasi tanpa penjaga, pembeli mengambil sendiri produk yang diinginkan, membayar ditempat yang telah disediakan, dan apabila memerlukan kembalian konsumen dipersilahkan untuk mencari sendiri di kotak uang yang ada. Jadi dengan adanya contoh nyata dari perilaku jujur maka siswa akan dengan mudah memahami kejujuran itu sendiri.