Konsep Penguatan Nilai Moral Anak Menurut Kohlberg

Abstract

Masalah moral menjadi sebuah masalah yang sekarang ini sangat banyak meminta perhatian, terutama bagi para pendidik, ulama, pemuka masyarakat dan para orang tua. Banyaknya info tentang criminal kepada anak-anak, seperti yang terjadi di beberapa daerah yang hampir setiap minggu diberitakan di berbagai media, baik media cetak maupun elektronik. dalam tulisan ini ingin lebih banyak konsep nilai moral dari Kohlberg beserta perkembanganya yang akan di integrasikan dengan moral dalam pandagan islam. Hasil menunjukkan bahwa Kohlberg memaparkan dengan Teori yang memandangan bahwa penalaran moral, yang merupakan dasar dari perilaku etis mempunyai enam tahapan perkembangan yang dapat teridentifikasi. Ia mengikuti perkembangan dari keputusan moral seiring penambahan usia yang semula diteliti Piaget, yang menyatakan bahwa logika dan moralitas berkembang melalui tahapan-tahapan konstruktif. Kohlberg memperluas pandangan dasar ini, dengan menentukan bahwa proses perkembangan moral pada prinsipnya berhubungan dengan keadilan dan perkembangannya berlanjut selama kehidupan, walaupun ada dialog yang mempertanyakan implikasi filosofis dari penelitiannya     • LATAR BELAKANG