Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam (SDA) IPA Melalui Penerapan Media Gambar Siswa Kelas IV SD Inpres 34 Pacore Kabupaten Barru

Abstract

Hasil analisis catatan guru pada saat pembelajaran materi sumber daya alam (SDA) IPA semester dua tahun pelajaran 2013-2014, rata-rata skor hasil belajar siswa kurang, tidak mencapai standar KKM 70, karena skor yang dicapai 65,25. 50% tidak mencapai skor 75% dari siswa yang mendapatkan nilai KKM 70 secara klasikal. (Ruhani, 2014). Penerapan Media Gambar untuk meningkatkan hasil belajar materi sumber daya alam (SDA) IPA siswa kelas IV SD Inpres 34 Pacore kabupaten Barru. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart (dalam Sugiarti, 1997: 6), yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Siklus pertama meliputi rencana awal, tindakan, observasi dan refleksi dan langkah pada siklus berikutnya adalah perncanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi, terdiri tiga siklus, setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan pemberian tindakan dan 1 kali pemberian tes akhir siklus. Subjek adalah siswa kelas IV SD Inpres 34 Pacore kabuapaten Barru, dengan jumlah siswa sebanyak 8 orang, 4 berjenis kelamin perempuan dan 4 berjenis kelamin laki-laki. Data kuantitatif dikumpul melalui tes hasil belajar tiap akhir siklus. Data kualitatif dikumpul melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Media Gambar dapat meningkat selisih 10% dan kategori dari kurang ke cukup siklus tiga dari siklus dua. (2) Perubahan kemampuan guru meningkat selisih 12,51% dari cukup ke baik siklus tiga dari siklus dua. (3) Perubahan aktifitas belajar siswa dalam melaksanakan penerapan media gambar, meningkat selisih 32,29% dan kategori cukup menjadi baik siklus tiga dari siklus dua.