Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Lingkaran Kelas VIII MTs MDIA Bontoala

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi lingkaran kelas VIII MTs MDIA Bontoala. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs MDIA Bontoala. Sampel yang digunakan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk multiple choice. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t dan uji anava. Dari analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasil pretest 45,6 dengan standar deviasi sebesar 22, sedangkan rata-rata hasil posttest 78,4 dengan standar deviasi sebesar 21,92. Adapun hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari perolehan nilai thitung > ttabel dengan α = 0,05, dimana thitung = 10,456 dan ttabel = 1,711. Serta diperkuat oleh perhitungan uji anava dengan fhitung > ftabel dengan α = 0,05, dimana fhitung = 27,88 dan ftabel = 4,04. Dari kedua hasil uji tersebut H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi lingkaran kelas VIII MTs MDIA Bontoala.