UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK DALAM PEMBELAJARAN KONSEP KELISTRIKAN

Abstract

<p align="center"><strong>A</strong><strong>bstrak</strong></p><p>Judul penelitian ini adalah penerapan metode kooperatif tipe gallery walk untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran konsep kelistrikan, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa dengan menggunakan metode kooperatif. Metode kooperatif tipe gallery walk dalam prosesnya terdapat tim ahli. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana mengatasi rendahnya prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Metode kooperatif tipe gallery walk merupakan salah satu alternatif dalam peningkatan prestasi belajar  Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Model dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus.Subyek  dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A  SMPN 5 Kuningan tahun pelajaran 2014-2015 sebanyak 21 siswa. Kompetensi dasar yang dibahas dalam penelitian ini adalah Konsep Kelistrikan. Intrumen penelitian ini adalah silabus,rencana pembelajaran dan soal-soal ulangan formatif.          Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penggunaan metode kooperatif tipe gallery walk pada pembelajaran konsep kelistrikan dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa.</p><p> </p><p><strong>Kata Kunci : </strong>prestasi belajar siswa, metode kooperatife Gallery walk, konsep kelistrikan</p>