PENERAPAN MEDIA MONOPOLY GAMES SMART (MGS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII MTS AL-WAHDAH SUMBER
Abstract
<p>Dalam proses pembelajaran siswa dituntut untuk aktif melaluiaktivitas-aktivitas yang membangun kerja kelompok dan dalam waktu singkatmembuat mereka berfikir tentang materi pelajaran. Keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran biologi sangat diperlukan, sehingga apa yang dipelajari akan lebih tertanam dalam pikiran siswa. Penerapan<em>Monopoly Games Smart</em>pada pembelajaranBiologi merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan kreatifitas siswa serta dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa, sehingga mendapatkanhasilbelajar siswa yang memuaskan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah:(1) Untuk mengkaji penerapan media <em>MGS (Monopol</em><em>y</em><em> Games Smart)</em> pada materi Ekosistem di MTs Al-Wahdah Sumber. (2) Untuk mengkaji hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi materi Ekosistem dengan menggunakan media <em>MGS (Monopol</em><em>y</em><em> Games Smart)</em> di MTs Al-Wahdah Sumber. (3) Untuk mengkaji respon siswa terhadap penggunaan media <em>MGS (Monopol</em><em>y</em><em> Games Smart)</em> dalam pembelajaran biologi khususnya pada materi Ekosistem di Mts Al-Wahdah Sumber. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Wahdah dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes (<em>pre-test </em>dan <em>post-test</em>) untuk mengukur hasil belajar siswa, observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dan angketuntuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) berdasarkan hasil analisis observasi, aktivitas siswa meningkat setelah diterapkan media <em>Monopoly Games Smart</em><em>.</em> (2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran <em>Monopoly Games Smart</em><em> </em>nilai rata-rata <em>pretest</em> sebesar 39, <em>posttest</em> 78 dan n-gain 0,62.. Terbukti dari hasil perhitungan uji T menggunakan <em>SPSS 1</em><em>6 </em>diperoleh nilai <em>Sig.</em> 0,000 < (0,05) yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar biologi siswa. (3) berdasarkan hasil analisis angket mengenai respon siswa terhadap penerapan media hampir dari siswa (82%) dengan kriteria sangat kuat, menyukai penerapan strategi pembelajaran <em>Monopoly Games Smart. </em><strong></strong></p><p><strong> </strong></p><p><strong>Kata kunci:</strong>Media Pembelajaran, <em>Monopoly Games Smart</em>, Hasil Belajar.</p>