PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS IMTAQ UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI DI SMA NEGERI 5 CIREBON

Abstract

<p>Sistem pembelajaran di kelas masih banyak mengandalkan pikiran sadar yang bersifat <em>short memory</em>, sedangkan pikiran bawah sadar yang bersifat <em>long memory</em> belum dapat dimaksimalkan penggunaannya. Metode <em>hypnoteaching</em> banyak mengambil peranan pikiran bawah sadar, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode <em>hypnoteaching</em> dalam pembelajaran biologi berbasis Imtaq, meningkatkan penguasaan konsep siswa dan respons siswa setelah menggunakan metode <em>hypoteaching</em>. Pembelajaran berbasis Imtaq dapat diaplikasikan dalam pembelajaran biologi, tidak hanya mengajarkan aspek-aspek pengetahuan dan keterampilan tentang biologi semata, melainkan juga aspek penanaman nilai-nilai sikap dan moral siswa dan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa.</p><p>Desain penelitian ini menggunakan <em>Control Group Pretest and Posttest design</em>. Teknik  pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji t (hipotesis).</p><p>Penggunaan metode <em>hypnoteaching</em> dalam pembelajaran biologi berbasis Imtaq dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Saran yang dapat disampaikan adalah penelitian ini dapat memberikan motivasi  bagi guru untuk menjadi sosok teladan bagi para siswa di sekolah, sehingga setiap hari guru selalu memberikan <em>positive statement</em> kepada siswanya.</p><p> </p><p>Kata Kunci     :    Metode <em>Hypnoteaching</em>, Pembelajaran Biologi Berbasis Imtaq, Penguasaan Konsep</p>