ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tahapan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, subjek penelitian menggunakan teknik purposive sample, melibatkan 3 subjek mewakili 3 kelompok kemampuan pemecahan masalah. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Berdasarkan klasifikasi kemampuan ditemukan dari sebanyak 36 siswa diperoleh sebanyak 7 (19,44%) kategori “tinggi”, 11 siswa (30,56%) termasuk kategori “sedang”, dan 18 siswa (50,00%) kategori “rendah”.  Kesimpulan penelitian ini bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi lingkaran masih tergolong rendah