ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA INFERENSIAL
Abstract
Menganalisis data hasil penelitian merupakan sesuatu hal yang baru dan sangat menantang bagi para peneliti pemula seperti mahasiswa, dalam mengkaji sebuah fenomena. Agar tugas mahasiswa dalam menyelesaikan program sarjananya dapat diselesaikan dengan baik maka dianalisis kesulitan belajar yang dihadapi para mahasiswa dalam pembelajaran statistika inferensial yaitu dengan menganalisis seperti apa bentuk kesulitan yang dihadapi serta mempelajari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan mahassiwa dalam pembelajaran statistika inferensial sehingga ke depannya dapat dilakukan semacam strategi pembelajaran agar kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran statistika inferensial ini dapat diatasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika angkatan 2016-2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti sebagai instrumen utama, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik interaktif yaitu suatu teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan / verifikasi yang terjadi secara bersamaan.