ANALISIS KESALAHAN SISWA PASIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBENTUK CERITA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis kesalahan siswa pasif dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita pada pokok bahasan lingkaran. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan teknik triangulasi metode yaitu dengan dibandingkan hasil observasi, hasil tes siswa, dan hasil angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa pasif pada tahap membaca tidak ada siswa pasif yang melakukan kesalahan, tahap memahami masalah terdapat 8 siswa, tahap transformasi terdapat 8 siswa, tahap keterampilan proses terdapat 6 siswa dan tahap penulisan jawaban terdapat 9 siswa. Hasil tes dan angket pada siswa diperoleh data bahwa penyebab kesalahan siswa meyelesaikan soal lingkaran karena kurang mampu memahami yang diketahui dan ditanya, kurang mampu memahami intruksi soal