Urgensi Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Madrasah

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan menganalisis pentingnya pembelajaran fiqih di madrasah sebagai sarana pembelajaran keagamaan siswa, sehinga siswa mampu memiliki sikap spiritual dan religius yang baik. Pembelajaran fiqih memuat beragam materi tentang pengembangan potensi diri ke arah spiritual. Karena itu, pendidikan agama adalah pendidikan yang sangat penting untuk diajarkan kepada generasi penerus, karena di dalamnya mengajarkan banyak pelajaran tentang hidup untuk membentuk manusia menjadi cerdas dan shaleh, salah satunya adalah bagaimana cara manusia berhubungan dengan manusia yang sesuai dengan norma-norma sosial dan hubungan manusia dengan Yang Maha Kuasa. Perihal menjalani agama ini, siswa dan para pengajar dituntut dapat memiliki suatu pemahaman dan pemikiran agar dapat memahami agama secara menyeluruh. Dalam hal ini pembelajaran fiqih sangat dibutuhkan, karena ia merupakan salah satu cara dan jalan untuk dapat mengerti dan menjabarkan anjuran dan aturan dari Allah SWT dalam al-Qur’an yang sebagian masih bersifat umum. Oleh karena itu, urgensi pembelajaran fiqih perlu diajarkan dan diterapkan di berbagai lembaga pendidikan khususnya di Indonesia.   Kata Kunci: Pembelajaran Fiqih, Religiusitas siswa Madrasah.