MODEL KEPEMIMPINAN DALAM REFORMASI BIROKRASI PEMERINTAH
Abstract
Birokrasi pemerintah di Indonesia pada masa Orde Baru sering diindetikkan dengan birokrasi yang korup dan lamban. Kemudian, birokrasi pada masa Orde Reformasi yang diharapkan dapat menampilkan wajah baru dari birokasi Orde Baru, pada kenyataannya gagal untuk merepresentasi birokrasi yang mampu memahami konteks pelayanan yang sesungguhnya. Bahkan korupsi meraja lela sampai birokrasi tingkat paling bawah. Ekspetasi publik pun tidak mampu terrpresentasi dengan baik pada Orde Reformasi. Oleh karena itu, untuk meluruskan kembali birokrasi yang menjadi harapan publik dibutuhkan figur pemimpin birokrasi yang mampu menjadi pelayan publik dan membawa organisasi birokrasi pemerintah menjadi birokrasi yang berpihak pada masyarakat. Pemimpin birokrasi tersebut juga inovatif dan kreatif dalam mengemban fungsi pelayanan kepada publik sehingga dapat menjadi representasi pemerintahan milik masyarakat yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.