Penerapan Etika Kantor dalam Pencitraan Organisasi

Abstract

Etika merupakan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat yang merupakan pedoman hidup yang benar dan biasanya akan membicarakan masalah perbuatan atau tingkah laku manusia, mana yang dapat dinilai baik atau benar dan mana yang dapat dinilai tidak baik atau tidak benar. Etika merupakan dasar yang penting dalam suatu pergaulan dan menjadi landasan yang penting bagi sebuah peradaban serta akan menjadi kesan yang mendalam dan terpatri di dalam diri seseorang. Etika tidak hanya berlaku di lingkungan keluarga atau masyarakat tetapi etika berlaku pula dalam lingkungan organisasi. Dalam lingkungan organisasi atau tempat kerja pun memiliki berbagai aturan atau ketentuan­ketentuan yang dipandang baik dan perlu bahkan harus diperhatikan oleh setiap individu yang berada di dalamnya. Etika yang berada di lingkungan organisasi biasanya disebut juga dengan istilah etika Kantor ataupun etika kerja. Etika Kantor merupakan seperangkat norma yang mengatur sikap dan perilaku seseorang dalam bekerja. Etika Kantor tidak hanya mencakup penarnpilan fisik, tetapi banyak faktor lain yang mendukung individu untuk menamp!lkan dirinya sebagai individu yang beretika tinggi. Etika Kantor yang dapat diterapkan dengan baik dan benar oleh setiap individu yang berada di dalam lingkungan organisasi akan dapat menciptakan citra baik bagi organisasi tersebut, dimana setiap individu yang ada didalamnya dapat menciptakan hubungan dan kerjasama yang baik, saling menghormati, mengerti dan menghargai serta menguntungkan sehingga akan tercipta hubungan dan pola kerja yang harmonis, efektif, efisien dan sinergi baik antar individu yang berada di da!am organisasi maupun dengan pihak eksternal organisasi.