PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV SD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk multimedia untuk pembelajaran Bahasa Inggris yang valid digunakan sebagai media belajar; dan 2) mengukur efektivitas multimedia pembelajaran Bahasa Inggris yang dihasilkan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development), menggunakan tiga tahap pengembangan, yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Uji coba produk yaitu dengan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Instrumen penelitian berupa lembar kuesioner, instrumen test, dan lembar observasi. Teknik analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ditinjau dari aspek materi, multimedia pembelajaran Bahasa Inggris yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata skor 3,9 dan kategori baik; 2) ditinjau dari aspek media, multimedia pembelajaran Bahasa Inggris yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata skor mencapai 4 dan kategori baik; 3) ditinjau dari aspek pembelajaran, multimedia pembelajaran Bahasa Inggris yang dikembangkan dinyatakan valid dengan hasil skor rata-rata mencapai 4,25 dengan kategori sangat baik; 4) multimedia pembelajaran yang dihasilkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris. Penggunaan produk multimedia pembelajaran Bahasa Inggris untuk kelas IV SD dapat menaikkan nilai dari skor rata-rata pretest 6,20 menjadi skor rata-rata postest 7,61. Hasil uji paired t test adalah t hitung > t tabel (7,503 > 2,120). Nilai gain ternormalisasi sebesar 0,37 masuk ke dalam kategori sedang, sehingga cukup efektif.