Standarisasi, Kastomasi dan Implementasi dalam Strategi Pemasaran Global

Abstract

Saat ini duna rasanya semakin menyusut dengan pesat. Perasaan susutnya dunia ini disebabkan adanya percepatan arus komunikasi, arus informasi, transportasi, dan distribusi, semuanya ini didorong oleh percepatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Analisis strategi standardisasi, kastomisasi dan pluralisasi konsumsi ditelaah secara literer dan juga dipadukan dengan sejumlah kasus-kasus bisnis yang mempunyai relevansi. Dua dari tiga konsep tersebut yaitu strategi kastomasi dan strategi pluralisasi konsumsi sensitif dengan perubahan lingkungannya. Bidang bisnis atau bidang ekonomi pada umumnya sangat sensitif terhadap perubahan. Maka dari itu pelaku-pelaku bisnis dalam menghadapi liberalisasi ekonomi, sudah tidak populer lagi jikalau ruang gerak mereka  masih berputar dikawasan sendiri, sementara pesaingnya sudah semakin agresip memasuki kawasan global. Kondisi ini tercipta karena saat ini sudah tidak ada lagi penghambat birokrasi dan penghalang-penghalan lain untuk mencegah keluar masuk pelaku-pelaku bisnis di luar kawasan. Manajemen perusahaan global sudah tidak tertarik lagi menggarap bisnis di wilayah. Alasannya untuk mencapai tingkat efisien maksimum dengan kisaran menekan total biaya operasi dan produksi, serta harga kompetitif.