SISTEM ORGANISASI PEMASARAN EKSPOR PADA PT. INDO VENEER UTAMA KARANGANYAR

Abstract

Abstrak: Sistem Organisasi Pemasaran Ekspor Pada PT. Indo Veneer Utama Karanganyar. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai pembagian tugas atau pengorganisasian yang dijalankan perusahaan dalam melakukan pemasaran ekspor dan mempelajari faktor pendorong maupun penghambat dalam pemasaran ekspor. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik deskriptif kualitatif sedangkan objek penelitian yaitu PT. Indo Veneer Utama Karanganyar. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini merupkan data lapangan dan data kapustakaan yaitu data yang diperolah langsung dari pihak perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT.Indo Veneer Utama Karanganyar menggunakan strategi segmentasi pasar (segmentation), strategi penentuan pasar sasaran (targetting), dan strategi posisi pasar (positioning). Perusahaan juga menggunakan  bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 4 unsur yaitu produk (product), harga (price), saluran distribusi (place), dan promosi (promotion) dalam mengembangkan pemasaran ekspor. Faktor-faktor pendorong dalam pemasaran ekspor yang dilakukan PT.Indo Veneer Utama Karanganyar adalah tersedianya pasar mancanegara, optimalisasi laba, jumlah barang produksi tinggi, produk berdaya saing tinggi, tersedianya layanan house trading. Selain faktor pendorong juga ada faktor penghambat yaitu Sumber Daya Manusia yang terbatas, Kuota Impor setiap negar yang berbeda, kurs mata uang yang tidak stabil, dan adanya aturan regional setiap organisasi negara yang berbeda. Abstract: Export Marketing Organizational Systems at PT.Indo Veneer Utama Karanganyar. The research carried out aims to find out information about the Division of tasks or organization carried out by companies in carrying out export Marketing and studying the driving and inhibiting factors in export marketing. The Analysis technique used in this study is a qualitative descriptive technique while the object of research is PT. Indo Veneer Utama Karanganyar. The type of data needed in this study is field data and library data, which are data obtained directly from the company. The results showed that PT.Indo Veneer Utama Karanganyar used a market segmentation strategy, a target market determination strategy (positioning), and a market positioning strategy (positioning). The company also uses a marketing mix consisting of 4 elements, namely product, price, distribution channel (place), and promotion in developing export marketing. The driving factors in export marketing conducted by PT. Indo Veneer Utama Karanganyar are the availability of foreign markets, optimization of profits, high quantities of manufactured goods, highly competitive products, and availability of house trading services. In addition to the driving factors there are also inhibiting factors, namely limited human resources, import quotas for each country that are different, unstable currency exchange rates, and the existence of regional rules for each different country organization.Jika Anda menyusun daftar pustaka menggunakan standar American Psychological Association (APA), Anda bisa copy paste teks dibawah ini untuk Anda masukkan pada bagian daftar pustaka Anda!Afandi, M. R. (2020). Sistem Organisasi Pemasaran Ekspor pada PT. Indo Veneer Utama Karanganyar. Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi, 17(1), 63-80. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v17i1.30441