Kesalahan-Kesalahan Penulisan Surat
Abstract
Surat-menyurat merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kegiatan organisasi surat merupakan salah satu sarana komunikasi tertulis. Sebagian arus informasi dan komunikasi dilaksanakan dengan surat. meskipun dewasa ini teknologi komunikasi mengalami kemajuan yang pesat, seperti penggunaan telepon, radio, telex, facsimile, dsb, namun surat menyurat masih tetap diperlukan. Hal ini dikarenakan organisasi selalu memerlukan dokumentasi/bukti tertulis bagi setiap kegiatan yang telah dilakukan. Organisasi memerlukan catatan tertulis yang tidak tergantikan sepenuhnya oleh komunikasi lisan. Bagi suatu organisasi, surat berfungsi sebagai alat komunikasi, alat bukti tertulis, alat pengingat, alat bukti historis duta atau wakil organisasi dan alat pedoman kerja. Namun demikian beberapa surat tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya yang disebabkan masih sering terjadi dijumpai kesalahan-kesalahan dalam menulis surat. Banyak organisasi membuat surat hanya berdsarkan kebiasaan yang berlaku turun-temurun. Padahal tidak semua kebiasaan tersebut benar. Tulisan ini dilakukan untuk melihat kecenderungan kesalahan-kesalahan penulisan dan memberikan pedoman tentang penulisan surat yang benar yang terdiri dari dimensi-dimensi bentuk surat, bagian-bagian surat dan cara penulisannya, bahasa surat, efektivitas dan efisiensi surat, serta penampilan surat.