Peningkatan Kinerja Organisasi Publik melalui Pembaruan Struktur Organisasi

Abstract

Persoalan kinerja organisasi publik (baca: birokrasi) sering menjadi keluhan masyarakat sebagai konsumen utama. Masyarakat sering menjadi "korban" buruknya kinerja organisasi publik dengan pelayanan yang tidak memuaskan. Penilaian kinerja menjadi hal yang sangat penting, karena dengan penilaian tersebut dapat digunakan sebagai ukuran keberhasilan organisasi dalam kurun waktu tertentu. Struktur organisasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kinerja organisasi publik, dengan adanya struktur tersebut akan diketahui bagaimana kedudukan, tugas dan fungsi dialokasikan dalam organisasi dan akan berdampak signifikan terhadap cara orang melaksanakan tugasnya dalam organisasi. Ketika arah dan tujuan serta strategi organisasi telah ditetapkan serta struktur organisasi telah dibuat maka hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana organisasi tersebut menjalankan tugas danfungsinya.Struktur organisasi merupakan salah satu komponen yang perlu diperbarui, yaitu bagaimana struktur yang ada pada birokrasi dapat lebih memungkinkan para birokrasi dapat mengembangkan inovasi dan lebih responsif terhadap perubahan. Struktur yang dibutuhkan adalah struktur yang lebih ramping, fleksibel dalam artian memberikan ruang bagi terjadinya diskresi dan bersifat desentralistis. Dengan strukutur yang ramping akan memungkinkan terjadinya sinergi antara para atasan dan bawahan dan tercipta "team work" yang solid dan mendukung kinerja organisasi publik.Kata Kunci: kinerja, organisasi publik, struktur