Hubungan hospitalisasi dengan tingkat stres pada anak usia sekolah di unit rawat inap RSUD Koja Jakarta Utara
Abstract
Stres hospitalisasi adalah reaksi yang dihadapi anak dengan lingkungan asing selama proses perawatan di Rumah Sakit. Anak yang dirawat di rumah sakit mengalami krisis perubahan status kesehatan dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya hubungan hospitalisasi dengan tingkat stres pada anak usia sekolah di ruang rawat inap. Penelitian dilakukan pada Januari-Februari 2020 di Rumah Sakit Koja Jakarta Utara dengan 78 responden. Metode penelitian deskriftif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner DAAS (Depression Anxety Stress Scales). Hasil penelitian didapatkan bahwa dari 78 responden terdapat anak yang mengalami tingkat stres ringan 13 anak (16,7%), tingkat stres sedang 51 anak (65,4%) dan tingkat stres tinggi 14 anak (17,9%) selama hospitalisasi. Hasil uji statistik menggunakan chi square dan Kendal tau C ditemukan adanya hubungan antara jenis kelamin (p-value 0,025) dan lama dirawat (p-value 0,013) dengan tingkat stres anak selama hospitalisasi. Tidak adanya hubungan antara pengalaman dirawat dengan tingkat stres selama hospitalisasi (p-value 0,562). Sebagai kesimpulan bahwa tingkat stres pada anak selama hospitalisasi dipengaruhi oleh jenis kelamin dan lama dirawat. Catatan Penerbit Poltekkes Kemenkes Kendari menyatakan tetap netral sehubungan dengan klaim dari perspektif atau buah pikiran yang diterbitkan dan dari afiliasi institusional manapun. Pendanaan Peneliti tidak menerima bantuan dana dari lembaga/institusi. Konflik Kepentingan Penulis menyatakan bebas dari konflik kepentingan. Berbagi Data Data hasil kajian ini disimpan pada repositori Zenodo http://doi.org/10.5281/zenodo.4048731 Kontribusi Penulis Maryati Sitorus Conceptualization, Data curation, Formal analysis, Funding acquisition, Methodology, Project administration, Resources, Validation, Visualization, Writing-original draft Tuti Asrianti Utami Conceptualization, Data curation, Formal analysis, Project administration, Resources, Supervision, Visualization, Writing-original draft, Writing-review editing Fransiska Dewi Prabawati Formal Analysis, Methodology, Validation