Analisis Strategi Peningkatan Kualitas Produk Home Industri Kerupuk Pedas melalui Atribut Produk dalam Perspektif Manajemen Mutu (Studi Pada UD. Alim Rugi Desa Sono, Sidokerto Kec. Buduran, Kab.Sidoarjo, Jawa Timur)

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang dan berdampak pada semakin tingginya persaingan bisnis dalam memberikan peluang kepada konsumen untuk dapat memenuhi keinginannya dalam memperolehi produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing maka banyak usaha-usaha kecilseperti home industri mulai mengepakkan sayapnya untuk dapat meningkatkan mutu industrinya. Oleh karena itu, tujuan utama dilakukannya penelitian terhadap produk UD. Alim Rugi ini adalah untuk memberikan gambaran dan melakukan perbaikan produk guna mengembangkan serta meningkatkan kualitas produk melalui atribut-atribut produk industri tersebut sehingga dapat memenuhi permintaan pasar dan dapat bersaing dengan indusrtriindustri sejenis lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan observasi atau studi lapangan dengan wawancara dan studi literatur untuk mendapatkan data yang relevan. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi dalam meningkatkankan kualitas produk UD. Alim Rugi melalui atribut-atribut produksi yang sesuai dengan permintaan konsumen saat ini yaitu informasi komposisi produk, cita rasa produk, kemasan produk, dan pemasaran produk.