Studi Komparasi Manajemen Pelayanan: Persepsi Masyarakat Guluk-Guluk Sumenep Terhadap Lembaga Perbankan Syariah Dan Lembaga Keuangan Syariah Non-Bank
Abstract
Lembaga perbankan syariah dan lembaga keuangan syariah non-bank merupakan dua lembaga yang dalam prinsipnya bebas riba serta saat ini sedang berkembang pesat dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Islam. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat Guluk-Guluk terhadap manajemen pelayanan yang ada di lembaga BPRS Bhakti Sumekar Guluk-Guluk dan BMT UGT Sidogiri Ganding serta bagaimana komparasi/perbandingan persepsi masyarakat Guluk-Guluk terhadap manajemen pelayanan di kedua lembaga tersebut. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persepsi masyarakat Guluk-Guluk Sumenep terhadap manajemen pelayanan di BPRS Bhakti Sumekar dan BMT UGT Sidogiri sudah bagus dan memuaskan karena telah memenuhi kriteria pelayanan yang baik sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat yaitu tidak berbelit-belit dan cepat serta tanggap terhadap nasabah yang datang. Kedua lembaga ini mempunyai beberapa persamaan dan perbedaan dalam penerapan lima aspek manajemen pelayanan. Kedua lembaga sama-sama menerapkan lima aspek manajemen pelayanan. Dan perbedaannya yang sangat nampak yaitu pada bukti fisik. Selain itu pula masih ada beberapa keluhan masyarakat terhadap lokasi parkir yang kurang luas serta kurang lengkapnya sarana dan prasarana.