Pengaruh Pelatihan Meditasi dan Self Hypnosys Untuk Meningkatkan Empati

Abstract

Empati merupakan respon afektif dan kognitif yang kompleks pada distress emosional orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa empati pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman setelah diberikan pelatihan meditasi dan self-hypnosis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif ekperimen dengan mahasiswa Psikologi sebagai subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah 30 mahasiswa yang memiliki tingkat empati rendah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman sejumlah 30 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan tingkat empati pada subjek setelah diberikan pelatihan meditasi dengan nilai F = 81,565 dan p = 0,000. Ada peningkatan rasa empati pada subjek setelah diberikan pelatihan self-hypnosis dengan nilai F = 71,825 dan p = 0,000.