Seni Bela Diri Kuntau Dalam Meningkatkan Rasa Aman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa aman pada siswa SMKN 4 Samarinda jurusan akuntansi 1, akuntansi 2, perhotelan dan administrasi perkantoran setelah diberikan pelatihan seni bela diri kuntau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sample dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki tingkat rasa aman yang rendah dan sedang pada kelas XI sejumlah 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik yaitu T-Test dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS (Statistical Packages for Social Science) versi 20.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan pada sesi pretes kungfu dan posttest kungfu didapatkan hasil p = 0.001 (p < 0.05) yang berarti terdapat peningkatan signifikan diantara keduanya; pada sesi posttest kungfu dan follow up kungfu didapatkan hasil p = 0.194 (p > 0.05) yang berarti tidak ada peningkatan signifikan diantara keduanya; sedangkan pada sesi pretest kuntau dan posttest kuntau didapatkan hasil p = 0.007 (p < 0.05) yang berarti terdapat peningkatan signifikan diantara keduanya; dan pada sesi posttest kuntau dan follow up kuntau didapatkan hasil p = 0.007 (p < 0.05) yang berarti terdapat peningkatan signifikan diantara keduanya.