Pengaruh Pelatihan Keterampilan Pengasuhan Terhadap Kepekaan dan Keterlibatan Orangtua Dengan Anak Prasekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris apakah pelatihan keterampilan pengasuhan mempengaruhi peningkatan kepekaan dan keterlibatan orangtua anak prasekolah. Penelitian ini dilakukan di KB/TK X, Surabaya, dengan orangtua sebagai pesertanya. Jumlah peserta dalam penelitian ini sebanyak 5 orang. Peserta mengikuti pelatihan keterampilan pengasuhan sebanyak tujuh sesi, dengan durasi masing-masing sesi 60-120 menit. Tipe penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental, dengan menggunakan menggunakan one group pretest-posttest design. Alat pengumpul data berupa kuisioner, observasi, dan wawancara. Kuisioner yang digunakan berupa soal pilihan ganda untuk pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik Wilcoxon Signed Rank Test, yaitu program SPSS 16. Dari analisis data yang dilakukan pada level pengetahuan dari hasil pre-test dan post-test diperoleh p sign sebesar 0,041. Pada level keterampilan (skill) dari hasil observasi sebelum dan setelah pelatihan, diperoleh p sign sebesar 0,038 untuk kepekaan dan 0,041 untuk keterlibatan orangtua. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pelatihan keterampilan pengasuhan terhadap peningkatan kepekaan dan keteribatan orangtua dengan anak prasekolah.