Intensitas Penggunaan Gawai Dan Keterampilan Komunikasi Interpersonal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan gawai dengan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa SMAN 1 Kedungadem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek yang digunakan sejumlah 122 siswa kelas X - XII di SMAN 1 Kedungadem. Instrumen penelitian terdiri dari 25 aitem skala intensitas penggunaan gawai dengan reliabilitas 0,780 dan 48 aitem skala keterampilan komunikasi interpersonal dengan reliabilitas 0,928. Jenis analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan teknik analisis product moment pearson dengan diperoleh koefisien korelasi (rxy = -0,190) yang signifikan (p = 0,036 ≤ 0,05), maka disimpulkan H1 diterima H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan intensitas penggunaan gawai dengan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa.