Internalisasi Kearifan Lokal Suku Leun Weau dalam Materi Ajar Sosiologi pada Pokok Bahasan Nilai dan Norma
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginternalisasikan kearifan lokal Suku Leun Weau dalam materi ajar sosiologi pada pokok bahasan nilai dan norma di SMA kelas X IPS. Pendekatan yang digunakan dalam kajian ini adalah kualitatif. Data diperoleh dari siswa Kelas IPS SMA Tunas Jaya Kadalak di Kabupaten Timor Tengah Selatan yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi kearifan lokal Suku Leun Weau dalam pembelajaran nilai dan norma dilakukan oleh guru sosiologi dengan mengajarkan budaya malu dan budaya sopan santun pada siswa di SMA Tunas Jaya Kadalak. Sementara itu, setelah mempelajari kearifan lokal Suku Leun Weau, siswa dapat mewujudkannya dalam lingkungan masyarakat seperti mereka sering mengikuti upacara-upacara adat yang sudah hampir punah karena banyak generasi muda yang sudah tidak tertarik lagi mengikutinya.