Perubahan Sosial di SMA Negeri Ayotupas Selama Pandemik Covid-19

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan sosial yang terjadi di SMA Negeri Ayotupas selama pandemik COVID-19. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan selama kegiatan pengenalan lapangan di SMA Negeri Ayotupas, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dengan menggunakan purposive sampling yang terdiri dari siswa, guru dan kepala sekolah. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa, terdapat perubahan sosial pada guru dan siswa di SMA Negeri Ayotupas karena sebelumnya banyak guru dan siswa yang belum memahami cara menggunakan smartphone sebagai media pembelajaran daring, tetapi dengan adanya kebijakan pemerintah tentang belajar dari rumah memaksa para guru untuk bisa menggunakan teknologi tersebut. Meskipun perubahan ini memberi dampak positif pada guru dan siswa, namun kondisi lingkungan sekolah tidak mengalami perubahan karena akses internet masih sangat sulit dijangkau. Guru dan siswa harus ke tempat-tempat tertentu seperti gunung untuk mendapatkan sinyal internet.