Penerapan Metode KOSAC (Know, Open, Setting, Actualization and Creating) Untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh pelatihan dengan metode KOSAC terhadap kesiapan belajar mahasiswa baru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 mahasiswa baru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen kuantitatif. Data dianalisis dengan uji T-tes berpasangan. Sebelum data dianalisis diadakan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Analisis data yang dilakukan untuk pengolahan data penelitian adalah dengan menggunakan analisis SPSS versi 21 for windows. Hasil penelitian yang diperoleh ada pegaruh yang signifikan antara pelatihan dengan metode KOSAC terhadap kesiapan belajar dengan t hitung =3.407 > t tabel = 2.145 dan p = 0.004 < 0.050.