Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kebiasaan Belajar dan Pengisian Waktu Luang Pada Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan hubungan antara kebiasaan belajar dan pengisian waktu luang dengan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar. Instrument penelitian yang digunakan adalah dokumentasi dalam bentuk nilai raport semester akhir untuk melihat prestasi belajar, metode angket untuk skala kebiasaan belajar dan pengisian waktu luang. Penelitian ini menggunakan teknik sampling nonpropability dengan bentuk sampling purposive dalam pemilihan subjek penelitian. Subjek penelitian adalah siswa SD Negeri 028 Kec. Samarinda Ulu yang berjumlah 60 siswa. Analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada hubungan positif yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar (dengan mengontrol inteligensi), semakin efektif kebiasaan belajar, semakin tinggi prestasi belajar (R = 0,314 ; R2 = 10,7 % ; p = 0,016), (2) Ada hubungan positif yang signifikan antara pengisian waktu luang dengan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar (dengan mengontrol inteligensi), semakin efektif pengisian waktu luang, semakin tinggi prestasi belajar (R = 0,318 ; R2 = 11 % ; p = 0,015), (3) Ada hubungan positif yang signifikan antara kebiasaan belajar dan pengisian waktu luang dengan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar, semakin efektif kebiasaan belajar dan pengisian waktu luang, semakin tinggi prestasi belajar (R = 0,393 ; R2 = 15,5 % ; p = 0,023).