MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 DENGAN MEDIA GAMBAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 dengan media gambar di kelas 1 B SD Sihitang. Kemampuan mengenal angka meliputi menyebut angka, menjodohkan angka, dengan gambar dan menulis angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan secara kolaboratif dengan tinjauan pustaka. Subyek penelitian adalah anak kelas 1 B yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 dengan cara (1) memberi penjelasan untuk gambar dan kemiripannya dengan angka 1-10, (2) melakukan permainan dengan gambar untuk menguatkan ingatan antusiasme anak, dan (3) melakukan berbagai variasi dalam setiap siklus agar anak tidak bosan.