PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBAGAI UPAYA PENGUATAN NILAI KARAKTER TOLERANSI PADA ANAK USIA DINI DI PERUMAHAN PNS KOTA METRO
Abstract
Penelitian ini dilatarbela kangi oleh lingkunagn perumahan PNS kota meto lampung yang memiliki masyarakat beragam dari suku dan agama, dalam lingkungan masyarakt yang multikutural tentu membuat anak usia dini terkadang bertanya mengenai anak-anak dilingkungannya yang berbeda dengan dirinya, sehingga para orang tua memberikan penjelasan kepada anak-anak yang bertujuan untuk mengauatkan nilai karakter toleransi pada anak-anak sejak usia dini yang dibutuhkan penjelasan yang kuat agar anak usia dini dapat memahami tentang toleransi, tujuan penelitian ini tentang bagaimana pendidikan multicultural anak usia dini di perumahan PNS kota Metro, bagaimana penanaman nilai karakter toleransi pada anak usia dini di perumahan PNS kota Metro, lokasi penelitian ini adalah di perumahan PNS kota Metro Lampung, metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenid spendekatan deskriptif analisis, pendidikan multicultural di perumahan PNS kota metro di lakukan secara individu dan kelompok pendidikan secara individu yaitu dengan cara orang tua memberikan pengarahan kepada anak disetiap pertanyaan anak yang mengatakan bahwa kebiasaan kawannya berbeda dengan dirinya disitulah peran orangtua memberikan pendidikan multicultural kepada anak dan dari kelompok perpustakaan keliling yang tujuan diadakan perpustakaan keliling supaya anak-anak bisa beramain bersama belajar bersama tanpa membedakan perbedaan diantara mereka baik suku maupun agama yang bertujuan agar anak usia dini di lingkungan perumahan PNS kota Metro tertanam nilai toleransi dalam kehidupan bermasyarakat yang penuh rasa kasih sayang, cinta damai dan penuh kasih sayang antar semama dan memiliki jiwa BINEKATUNGGALIKA dalam kehidupan sehari-hari