MODEL PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK DI TKIP MUTIARA BATURETNO BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Pada penelitian ini mengambil latar belakang TKIP Mutiara Baturetno Bantul Yogyakarta dalam Model Pendidikan Seks pada Anak yang mengacu pada beberapa perkembangan, nilai dan agama, fisik motorik, bahasa, soaial emosioanl dan seni. Dengan rumusan masalah Bagaiman Model pendidikan seks pada anak di TKIP Mutiara Baturetno Bantul Yogyakarta? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi dengan analisis data yang dapat memberikan makna untuk di ambil kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pendidikan seks pada anak di TKIP Mutiara Baturetno Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pendidikan seks pada Anak di TKIP Mutiara Baturetno Bantul Yogyakarta ada model pembelajaran tidak langsung, model pembelajaran pelatihan kesadaran (pembiasaan) , dan model pembelajaran diskusi, 2) Pelaksanaan proses pembelajaran pendidikan seks pada anak adanya faktor-faktor dukungan dari seluruh komponen sekolah. Materi-materi pendidikan seks pada anak telah disesuaikan dengan 6 aspek perkembangan pada program kurikulum TKIP Mutiara. Tujuan pembelajarannya adalah untuk mengenal manusia ciptaan Allah .Strategi yang digunakan dalam pendidikan seksual pada anak dengan pembiasaan toilet training, yakni toilet di TKIP Mutiara sudah di setting dengan membedakan kamar mandi putra dan putri ada sendiri-sendiri atau dibuat terpisah.