ANALISIS EVALUASI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ASSALAM 2 SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Abstract

Berdasarkan hasil oservasi peneliti, didapatkan data bahwa di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung menggunakan evaluasi perkembangan sosial sesuai dengan sistem penilaian anak usia dini, selain itu banyak didapat catatansehari-hari anak di kelas.Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan analisis evaluasi perkembangan sosial di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung. Penilaian pada pendidikan anak usia dini merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi(data) dalam menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak 0-6 tahun.Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana analisis evaluasi perkembangan sosial anak dan apakah evaluasi perkembangan sosial anak kelompok A yang dilakukan di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung sudah sesuai dengan sistem penilaian PAUD. Penelitian ini mengunakan penelitian deskriptif kualitatif,objek penelitian ini adalah analisis evaluasi perkembangan sosial di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung.  Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menganalisis hasil penelitian peneliti melakukan penarikan kesimpulan dengan cara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa evaluasi perkembangan sosial anak di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung sudah berhasil dilaksanakan. Hal ini terlihat pada saat guru mengklasifikasi kegiatan yang dilakukan, hasil penilaian harian, hasil karya yang dideskripsikan, dan catatan lainnya,  kemudian peneliti mendokumentasikan, menganalisis dan menyimpulkan. Analisis evaluasi perkembangan sosial anak memerlukan waktu dan alat penilaian yang tepat untuk melakukan penilaian dan evaluasi.Dan adanya hubungan yang erat antara penilaian, evaluasi, dan kurikulum yang tepat bagi anak.