NILAI PERUSAHAAN DITINJAU DARI TANGGUNG JAWAB SOSIAL, TATA KELOLA, DAN KESEMPATAN INVESTASI PERUSAHAAN

Abstract

Nilai perusahaan mencerminkan persepsi yang diberikan investor kepada perusahaan. Untuk meningkatkan nilai perusahaan maka perusahaan harus memberikan informasi yang mampu meningkatkan persepsi investor kepada perusahaan. Sinyal yang diberikan perusahaan kepada investor berupa laporan keuangan akan mengurangi asimetri informasi sehingga investor mampu mengambil keputusan yang bermutu. Faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap nilai perusahaan adalah tanggung jawab sosial, tata kelola perusahaan dan kesempatan investasi perusahaan. Dengan menggunakan sampel 10 perusahaan yang mengikuti CGPI (Corporate Governance Perception Index) tahun 2016-2018, dan dengan menggunakan. Teknik analisis data multiple regression maka diperoleh hasil bahwa tanggung jawan sosial dan keputusan investasi bukanlah faktor yang menentukan nilai perusahaan, sementara peningkatan tata kelola perusahaan akan mengurangi nilai perusahaan.