STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ASPEK QIROAH DENGAN PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN

Abstract

Metode Yasiniyah sebagai metode pembelajaran qiroah/al-Qur’an dan implikasinya terhadap perilaku peserta didik (santri). Ini merupakan penelitian metode pembelajaran bahasa Arab, khususnya tentang pembelajaran qiroah/al-Qur’an yang secara linguistik berbahasa Arab. Pendekatan fenomenologis interaksionalis simbolis digunakan untuk memahami realitas atau fenomena yang tampak dalam metode Yasiniyah agar makna dan nilai latent yang terkandung di balik realitas dapat terungkap. Disamping itu untuk membantu analisis terhadap makna yang terkandung pada setiap realitas, dibutuhkan pendekatan psikologi sosial dengan teknik analisis kontras dan verifikasi serta komparasi dengan realitas lain yang tampak berbeda. Karakteristik metode Yasiniyah yang dilihat dari aspek filosofi, sistem pengelolaan kelas, materi (kurikulum) dan teknik, sistem evaluasi dan sistem nilai. Filosofi metode Yasiniah di dasari pada tradisi pesantren, yaitu; menyertakan keyakinan akan hikmah, atau keutamaan terhadap ayat-ayat ataupun surat-surat tertentu dari al- Qur’an, khususnya surat Yasin, al-Waqi`ah, al-Rahman, dan al-Mulk. Aspek sistem yang diterapkan, karakteristik metode Yasiniah dapat dilihat dari aspek-aspek berikut: 1) Sistem penerimaan santri, 2) Sistem pengelolaan kelas, 3) Materi pembelajaran, 4) Teknik atau strategi yang diterapkan, 5) Sistem evaluasi menggunakan tes atau ujian lisan secara langsung dengan menghadap mustahiq secara individual, baik materi membaca, praktek ibadah ataupun hafalan-hafalan, dan bagi yang lulus diberikan ijazah atau sertifikat pada acara wisuda setiap akhir tahun ajaran.