Analisis lokasi rumah sakit gigi dan mulut Universitas Muhammadiyah Semarang di wilayah Kedungmundu terhadap perspektif pelanggan

Abstract

Latar Belakang: Rumah Sakit Gigi da Mulut (RSGM)Pendidikan berfungsi menyelenggarakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut, sekaligus sebagai sarana proses pembelajaran, pendidikan dan penelitian bagiprofesi tenaga kesehatan kedokteran gigi, dan terikat melalui kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Gigi.Keberadaan RSGM ini menjadi penting seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut. Perawatan gigi dan mulut bukan hanya ditujukan untuk fungsi kesehatan namunjuga fungsi estetis, yang kini dikenal dengan sebutan dental aesthetic. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya dukung terhadap lokasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut di lingkungan Fakultas Kedokteran Gigi daerah Kedungmundu SemarangMetode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis kualitatif. Data primer menggunakan wawancara secara open ended dengan dokumentasi, wawancara, FGD dan data sekunder diperoleh daridokumen penelitian. diantaranya: dokumen penelitian. Analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatifHasil: Berdasarkan perspektif pelanggan pengguna RSGM terdekat adalah mahasiswa FKG, warga Muhammadiyah di wilayah Semarang serta masyarakat sekitar RSGM, Warga Muhamamdiyah yang tersebar di berbagai lingkungan seperti sekolah dan organisasi masyarakat. Dimana masyarakat disekitarnya sangat membutuhkan layanan tambahan dalam bidang kesehatan gigi dan mulut.Kesimpulan: Hasil penelitian ini adalah dilihat dari daya dukung perspektif pelanggan dimana pengguna RSGMP terdiri dari dosen, mahasiswa FKG, masyarakat sekitar Semarang, dan warga Muhammadiyah.Kata Kunci: Perspektif Pelanggan, RSGM, Universitas Muhammadiyah Semarang.