ANALISA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN E-STATEMENT (SEBUAH PENDEKATAN STUDI KASUS DI BANK XYZ)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang hampir kebanyakan dihadapi oleh nasabah sebuah bank yaitu untuk keterlambatan Lembar Tagihan Transaksi yang diterima setiap bulannya. Belakangan semakin marak produk tabungan menggunakan e-statement, kita ambil contoh CIMB Niaga AirAsia Saver, Simas Lion Ticket, atau PermataMe bank permata. Kehadiran mereka seperti mempertegas bahwa kini zamannya serba elektronik. Lebih dari itu, ini juga sebagai upaya perbankan menerapkan green-banking di institusinya. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Object-Oriented Analysis and Design (OOAD), dan hasil diterapkannya sistem layanan e-statement (electronic statement) pada Bank XYZ. Hasil dari analisis dan perancangan sistem informasi layanan e-statement ini diharapkan Bank XYZ dapat memiliki sistem yang dapat mengirimkan laporan transaksi apapun dapat di lihat dalam satu dokumen itu. Setoran, tarik tunai di atm, transfer antar rekening bank, pembelian ke mana, bunga bank dll. Bandingkan jika menggunakan passbook, semua transaksi yang pernah kita lakukan hanya bisa dilihat jika mencetak buku tabungan. Apabila tidak mencetak dalam periode tertentu, maka hanya akan terlihat hanya total kredit dan debet saja selama periode itu.