Hakikat KB-RA. Perwanida Ketintang Surabaya dalam Mengajarkan Buku Materi Bahasa Arab-Inggris pada Kelompok A

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan alasan KB-RA. Perwanida Ketintang Surabaya mengajarkan buku materi Bahasa Arab-Inggris pada kelompok A. Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya masyarakat yang menanyakan perihal alasan lembaga tersebut mengajarkan buku materi Bahasa Arab-Inggris. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu mendeskripsikan mengapa KB-RA. Perwanida Ketintang Surabaya mengajarkan buku materi Bahasa Arab-Inggris pada kelompok A. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan yang merujuk pada model Miles and Huberman. Teknik keabsahan data menggunakan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Bersumber pada pengumpulan data dan analisis yang dilakukan terdapat beberapa temuan hasil penelitian tentang hakikat atau alasan KB-RA. Perwanida dalam mengajarkan buku materi Bahasa Arab-Inggris pada kelompok A. Hasil dari penelitian tersebut KB-RA. Perwanida beralasan karena dapat mengembangkan perkembangan bahasa asing anak usia di sesuai dengan tahap usianya, menciptakan suasanya belajar yang menyenangkan dan menarik, memudahkan siswa untuk belajar Bahasa Arab dan Inggris pada tingkat pendidikan selanjutnya dan dapat melatih perkembangan kognitif anak usia dini. Selain itu, anak juga memiliki lebih banyak waktu untuk belajar Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, anak akan lebih cepat memahami bahasa yang sedang dipelajarinya yang sangat berpengaruh pada tahap perkembangan bahasa selanjutnya, anak akan lebih mahir dalam menguasai bahasa ibu. Anak akan memiliki kesempatan belajar Bahasa Arab dan Bahasa Ingris lagi di tingkah sekolah dasar ataupun menengah, bukui ini sangat menarik untuk AUD dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.